Membuat Email Dengan Nama Domain Sendiri Dan Menghubungkannya Dengan Gmail (Gratis)



by

Menggunakan alamat email yang menggunakan nama domain sendiri akan terlihat lebih profesional dibandingkan bila kita menggunakan alamat email gratis seperti gmail atau yahoo. Untuk kepentingan bisnis atau perusahaan tentu akan lebih baik bila menggunakan alamat email dengan nama domain sendiri. Sayangnya, menggunakan email dengan nama domain sendiri sedikit merepotkan karena kita mesti masuk ke cpanel hosting terlebih dahulu. Selain itu, tampilannya sangatlah tidak menarik.

Sebenarnya kita bisa memanfaatkan email client di komputer yang terhubung dengan email website. Di situ kita bisa melihat email yang masuk dan membalasnya secara langsung tanpa perlu login ke cpanel email hostingan. Kita tinggal menjalankan aplikasinya saja. Meski demikian, tetap saja ini merepotkan baik untuk setting dan lain-lainnya. Selain itu, fitur yang ditawarkan baik email client maupun email hostingan tidaklah sebanyak dengan Gmail.

Terimakasih kepada google. Beberapa akun email (multiple email account) bisa dikelola dan disatukan di akun Gmail kita, termasuk email yang menggunakan nama domain sendiri. Fitur ini tersedia gratis untuk pengguna Gmail dan untuk memanfaatkannya kita bisa melakukan beberapa pengaturan di Gmail dan hostingan. Tidak semua hostingan mendukung fitur ini, silahkan cek hostingan kamu masing-masing. Setau saya, hostingan seperti hostgator dan hawkhost bisa.

Cara pengaturan email dengan nama domain sendiri agar terhubung dengan Gmail adalah:

1. Bikin email di Gmail jika belum punya.

2. Silahkan login ke hostingan dan Gmail. Pertama, kita harus membuat alamat email dengan nama domain sendiri. Jika sudah silahkan langsung ke langkah no.3 di bawah. Pada cpanel hostingan cari menu pengaturan Email. Klik ‘Email Accounts’.
Menghubungkan email website dengan Gmail
Pada jendela ‘Email Accounts’ masukkan id email yang dikehendaki misalnya namasaya@domainsaya.com. Isi password sesuai yang kamu inginkan. Setelah selesai silahkan klik ‘Create Account’.

Membuat email dengan nama website sendiri
3. Masih pada jendela ‘Email Accounts’ pada kolom Account @ Domain alamat yang kita sudah bikin akan muncul disini. Di samping alamat email silahkan klik ‘More’ lalu ‘Access Webmail’, masukkan password email. Untuk melihat email klik salah satu webmail software yang disediakan oleh hosting kamu.
Pengaturan email di hostingan
4. Pada jendela Gmail, klik ‘Settings’ lalu klik tab ‘Accounts and Import’. Di bagian ‘Send mail as’ klik ‘Add another email address you own’. Akan muncul pop up menu, masukkan alamat email yang sudah kamu buat di hostingan. Ikuti petunjuk yang muncul. Silahkan masukkan code yang dikirim Google ke email hostingan untuk verifikasi. Kini kamu bisa mengirim email dari jendela Gmail menggunakan email dengan nama domain sendiri.

Membuat email dengan nama domain sendiri

5.  Agar email yang masuk ke email dengan nama domain sendiri muncul di Gmail dari jendela Webmail di hostingan klik ‘Fordwarding Options’, di kolom ‘Destination’ isikan alamat Gmail Anda lalu klik ‘Add Forwarder’.

Membuat Email Dengan Nama Domain Sendiri Dan Menghubungkannya Dengan Gmail (Gratis)

6. Di jendela pengaturan Gmail, tab ‘Accounts and Import’. Pada bagian ‘Send mail as’ centang ‘Reply from the same address to which the message was sent’ sehingga email yang masuk di email nama domain sendiri bisa direply langsung menggunakan alamat tersebut, bukan alamat email default dari Gmail.

Dengan cara di atas, kini kamu bisa mengatur, menerima dan membalas email dengan nama hosting sendiri langsung dari Gmail. Selamat mencoba!


Tweetkan
Follow Twitter Penulis

Dapatkan tips BlackBerry, iPhone, Android dan Gadget lainnya

Daftarkan email, setiap tulisan terbaru akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Setelah daftar, jangan lupa klik link aktivasi yang dikirimkan ke email Anda.


Temukan Tulisan Lainnya Disini

Post on
-

9 Responses to Membuat Email Dengan Nama Domain Sendiri Dan Menghubungkannya Dengan Gmail (Gratis)

  1. sigit

    trus bikin email hostingan gratisnya gimana….kalo gitu doang mah sama aja bo’ong…

  2. wah ane sudah berhasil nih :) , makasih ya untuk tutorialnya

  3. agus

    utk login ke email yahoo kan menggunakan mail.yahoo.com, nah untuk membuat login mail.namadomain.com bagaimana ya? terima kasih sebelumnya

  4. Ihiiiyy.. bagaimana situs bayi? Jadimi?

  5. gan mau tanya dunk untuk langkah ke 5 yang Add Forwarder itu kan muncul halaman baru ada 1 kolom kosong itu diisi email asli kita di gmail atau email domain sendiri. mohon balasannya gan. thanks banget infonya. berhasil dicoba cm bingung untuk langkah ke 5 jadi pending deh berhasilnya.

  6. Xeon

    Kalau kita tidak mempunyai Hosting dan hanya mempunyai Domain, Kita juga bisa membuat email seperti itu dan memforward nya ke gmail yaitu dengan memanfaatkan DNS Hosting :D ….

  7. implementasi cara ini apakah berlaku hanya lewat yang telah disebutkan diatas ?
    maksudnya bagaimana caranya dengan kita yang hanya memiliki domain tanpa hosting..

    • Alhamsyah

      Bisa memanfaatkan fitur email yang disediakan penyedia domain dimana domain tersebut didaftarkan. Mungkin tidak semuda registrar menyediakan ini dan untuk space tertentu mungkin harus bayar. Yang saya tahu GoDaddy sampai 1 GB masih gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>